Minggu, 07 Agustus 2011

Sakit yang Paling Menyakitkan di Dunia

Menurut anda, apakah sakit yang paling menyakitkan di dunia ini?

Apakah sakit leher?

Apakah sakit kepala?

Apakah sakit gigi?

Setiap orang bisa memiliki jawaban sendiri-sendiri, tapi menurut saya sakit yang paling menyakitkan di dunia ini adalah :

Efek hati yang sedang sakit!  :p

Kenapa saya bilang hati yang sedang sakit? Karena perasaan manusia tersimpan di dalam hati, dan jika perasaan itu terganggu maka bisa memiliki dampak yang besar bagi manusia tersebut. 

Berikut menurut saya, jenis dari hati yang sedang sakit:
Pertama, adalah hati yang sedang sakit karena cinta. Wah siapa yang sudah merasakan sakit hati akibat cinta? Kalo lagi sakit hati karena cinta rasanya ngga fokus, sedih, ngga mood nglakuin apa-apa, sering bengong. Kalo anda masih SMP ato SMA ato kuliah sih ngga apa-apa, paling-paling nilai kuis ato ujian turun. Nah bayangin kalo anda sudah bekerja? Wah bisa-bisa dimarahin atasan karena produktivitas kita menurun, kerjaan ngga beres, dan bikin lingkungan rekan kerja di sekitar kita jadi ngga cerita karena anda lagi sedih akibat masalah percintaan.

Kedua, adalah hati yang sedang sakit karena orang yang kita sayangi mengalami musibah. Bayangkan jika anda memiliki orang yang anda sayangi sekali tapi ada suatu musibah yang menghampiri dia. Entah musibah kecelakaan ato musibah bencana. Anda pasti akan khawatir dengan orang tersebut kan. Efeknya adalah anda selalu gelisah menunggu kabar dari dia ampe ngga bisa tidur, selalu teleponin dia terus ato dateng langsung nyamperin orang tersebut. Syukur kalo orang tersebut ngga apa-apa, tapi kalo orang tersebut kenapa-kenapa? Ini bisa menjadi jenis hati yang sakit yang ketiga.

Ketiga, adalah hati yang sedang sakit karena orang yang kita sayangi meninggal. Anda pasti akan menangisin kepergian dia. Apa sih yang membuat anda menangis? Memori anda bersama dialah yang membuat anda menangis, anda pasti akan langsung dibawa ke dalam memori masa lalu yang indah bersama dia, yang membuat anda merindukan melakukan hal tersebut bersama dengan dia lagi. Dan yang menjadi kepercayaan orang banyak adalah, jika suami istri yang sudah tua jika salah satunya meninggal maka biasanya tidak berselang lama pasangannya akan menyusul (biasanya terjadi jika sang suami meninggal terlebih dahulu). Tapi karena manusia sudah pasti akan meninggal jadi kita harus bisa memikirkan cara bagaimana agar kita tidak berlarut-larut dalam kesedihan.
Kakek saya sendiri berkata jika dia meninggal janganlah menangisi dia, kami harusnya berbahagia karena dia sudah berkumpul bersama dengan teman-teman dan keluarga besar dia di Surga sana.

Keempat, adalah hati yang sakit karena kita akan meninggalkan orang yang kita sayangi. Bagaimana rasanya? Anda bisa bertanya kepada orang yang divonis hidup tidak lama lagi oleh dokter diakibatkan kanker, leukimia, dll. Sampai sekarang kemungkinan sembuh dari penyakit tersebut masih kecil dan jika ada yang bisa sembuh sungguhlah sebuah mujizat dari Sang Pencipta dan haruslah orang tersebut bersyukur.

Kelima, adalah hati yang sakit karena kita tidak bisa menghabiskan waktu bersama dengan orang kita sayangi akibat sakit. Bagaimana rasanya? Anda bisa bertanya kepada orang yang mengidap penyakit stroke parah, parkinson parah yang mengakibatkan orang tersebut hanya bisa berbaring di tempat tidur dan sulit berbicara. Dia hanya bisa mendengar yang orang lain bicarakan tapi dia susah sekali untuk berbicara. 

Keenam (khusus untuk penggemar makan), adalah hati yang sakit karena kita tidak bisa menikmati enaknya makanan dan minuman dikarenakan sakit. Sakit apa? Bagi yang suka makan manis, dia tidak bisa menikmati segala makanan dan minuman yang manis dikarenakan diabetes. Bagi yang menderita tekanan darah tinggi, dia tidak bisa menikmati makanan yang asin-asin.


Tapi, untungnya dari keenam tersebut ada cara pencegahan sendiri-sendiri.  :)
Dari keenam jenis akibat dari hati yang sakit tersebut, menurut anda manakah jenis yang paling sakit?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar