Rabu, 03 Agustus 2011

Pertanyaan dan Jawaban Seputar Tahapan BCA Development Program (BDP)

Saya hanya membantu meringkas pertanyaan yang biasanya ditanyakan seputar tahapan BDP :)
(Berdasarkan pengalaman pribadi sewaktu tes BDP di Jakarta)



Gimana sih cara daftar BDP BCA?


Apa aja ya tahapan seleksi BDP BCA?


Adakah tips2 buat psikotest?
Yang penting belajar itungan aja... kebanyakan maen logika kok... menurut saya sendiri kalo anda suka itung-itungan maka ngga perlu khawatir sama psikotest. Pengalaman saya sendiri tes di BCA lebih mudah daripada saya tes MDP di OCBC.

Psikotestnya yang keluar :
  • Tes Potensi Akademik
  • Tes Pengetahuan Umum
  • Tes Verbal
  • Deret Gambar
  • Tes Pauli
  • Tes Wartegg
  • Gambar pohon
  • Edwards Personal Preference Schedule
Jika ada yang bertanya, kayak apa aja tuh tesnya... anda bisa lihat dengan masuk ke link di bawah ini :



Kenapa psikotest nya lama ya ampe sore?
Karena kebagi dalam 2 tahap dimana tahap pertama ada eliminasi sehingga nama yang tidak tercantum dalam pengumuman yang ditempel sesaat setelah anda selesai tes tahap pertama maka anda tidak bisa melanjutkan ke tahap kedua yang berarti anda boleh pulang. 


Waktu interview psikolog ditanyain apa aja?
Tiap orang bisa berbeda-beda pertanyaannya karena anda mengisi data sewaktu awal psikotest pun berbeda-beda.


Dinamika kelompok ngapain aja ya?
  1. Diberi topik dari penguji nanti kita mengemukakan pendapat di dalam kelompok yang terdiri dari peserta yang lainnya lalu setelah itu menunjuk satu orang sebagai juru bicara yang akan mengemukakan pendapat ke penguji mengenai pendapat masing2 peserta atas topik yang dibahas.
  2. Mengerjakan sebuah puzzle secara kelompok.


Adakah tips untuk dinamika kelompok?
1. Jadilah diri sendiri dalam mengemukakan pendapat,
2. Hargai pendapat orang lain,
3. Hargai dan perhatikan orang yang sedang bicara.


Adakah tips untuk mengerjakan puzzle saat dinamika kelompok? 
Saya sendiri juga ngga selesai, tapi ini jenis puzzle nya :



Interview HRD ditanyain apa aja ya?
Berhubungan dengan data yang akan anda isi setelah dinamika kelompok. Data yang diisi itu nanti kita disuru milih mau masuk BDP yang mana, waktu saya sih yang available itu yang marketing sama operasional. Akhirnya saya isi operasional sebagai pilihan pertama dan marketing di pilihan kedua.


Adakah tips untuk interview HRD?
Jadilah diri sendiri aja karena HRD kan ingin mengenal diri kita lebih dalam lagi agar mereka bisa memutuskan apakah kita akan cocok dengan bekerja di dalam budaya BCA atau tidak.


Adakah tips untuk interview user?
Berdasarkan pengalaman yang sudah2, ada yang ditanya mengenai dasar2 perbankan, ada yang dites apakah kita mengetahui setidaknya dasar dari bidang yang kita pilih, ada yang dites disuru mengambil sikap jika terjadi suatu hal yang mengharuskan kita memilih, ada juga yang hanya ngobrol aja seputar kuliah dan kerjaan dulu.
Oh ya, walaupun misal kita salah isi data waktu sblm interview HRD, misal isi marketing pilihan pertama dan operasional pilihan kedua, ternyata kita inginnya operasional sebagai pilihan pertama dan marketing sebagai pilihan kedua, maka tenang aja karena BCA bisa menilai kita sebenernya cocok dimana, BCA melihat dari hasil interview kita dan hasil psikotest kita. Kalo ternyata kita emang cocok di marketing biasanya mereka nawarin untuk interview usernya untuk marketing (mayan dapet konsultasi gratis lho, jadi kita bisa tau bidang kita sebenernya dimana tanpa harus konsultasi ke psikolog hehehe...)


Wah medical check up ngapain aja ya?
Persiapannya sebaiknya puasa dulu 8-12 jam sebelumnya, sebelum mulai puasa minum susu cap beruang (mau minum susu kuda liar juga gpp biar ntar hasilnya kita macho hihihi), minum air putih yang banyak.
Nanti waktu medical check up kita akan di rontgen, cek tekanan darah, cek penglihatan, di ambil darah, cek urine dan cek kegantengan serta diambil foto nya... (yang dua terakhir ngaco! :p)


Saya uda tes (entah dari interview psikolog ke dinamika kelompok atau dari interview HRD ke  interview user atau dari interview user ke medical check up dan entah dari medical check up ke sign contract) dan nunggu lama tapi ngga ada kabar, apakah saya gagal?
Selama belum ada pemberitahuan dari BCA mengenai status anda tidak bisa melanjutkan tahapan BCA(gagal) maka itu artinya data anda sedang diproses. BCA juga mengetes anda apakah anda termasuk orang yang sabar atau tidak. Saya sendiri memakan waktu hampir 3 bulan sampe Mbak Dede menelepon untuk memberitahukan saya kalo saya ketrima (dari awal yang nelpon saya Mbak Dede, jadi penasaran orangnya yang mana hihihi).
Kalau anda emang sangat ingin masuk BCA maka anda akan dengan setia menanti... :)


Apakah kalau saya bukan suku tertentu bakal sulit masuk BCA?
Ya! Kalau anda bukan suku manusia maka saya rasa bakal sulit masuk BCA :p
Menurut saya BCA mempekerjakan orang-orang yang berkepribadian baik dan memiliki kemampuan/potensi. Selama anda mempunyai 2 hal tersebut maka saya rasa anda bisa bergabung di BCA dan ngga peduli anda berasal dari mana (yang penting kan kita sama2 masih tergabung dalam Warga Negara Indonesia).


Selama pendidikan apakah mendapat fasilitas tempat tinggal bagi yang berasal dari luar kota?
Selama pendidikan 1 tahun nanti kita hanya akan mendapatkan uang saku. Nanti uang saku tersebut bisa kita pergunakan untuk membiayai kos (bagi yang dari luar kota) dan biaya hidup per bulannya. Dengan uang saku yang di dapat sekarang (uang sakunya nanti kalian denger sendiri pas sign contract hehehe...) menurut saya jauh dari cukup untuk kos ber-AC dan biaya hidup per bulan plus nonton tiap minggu hahaha... :)


Selama pendidikan apakah boleh menikah?
Selama pendidikan dilarang menikah. Menikah boleh dilakukan setelah kita lulus pendidikan 1 tahun tersebut. Jadi pas menjalani ikatan dinas dengan status sudah menikah itu boleh kok :)


Semoga tulisan saya ini membantu buat yang lagi cari informasi mengenai tahapan di BDP! :)
Dan semoga berhasil buat yang lagi tes BDP! :)




Warmest Regards,
Hamhamichi
" Knows everything will be OK in the end and if it is not OK, then it's not the end "

343 komentar:

  1. hallo..mau tanya dong.kmrn khan udah tes sampe tahap interview psikolog. Dan katanya akan ada pengumuman 2 minggu ke depan bahkan kurang dari 2 minggu. Nah,skrg sudah 2 mgg. apakah tandanya saya sudah gugur? atau tetap tunggu pemberitahuan? thx :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetap tunggu pemberitahuan ;)

      Hapus
  2. Wah sama,,hari Kamis 29 Juli saya tes di wisma bca slipi. Udah sampe interview psikolog tapi gak ada kabar juga... Katanya 2 minggu..Berarti gak keterima yaa?

    BalasHapus
  3. Halo semua...
    Tenang aja, prosesnya BDP emang agak lama kok... di BDP kalo kita gagal kita biasanya dikasih tau entah melalui sms/telepon. Jadi bersabar aja menunggu.
    Saya dulu juga nunggu 2 mingguan untuk ke dinamika kelompok... :)

    BalasHapus
  4. wow.. makasih banyak agan hamhamichi.. dari awal saya apply BCA bulan mei lalu, saya selalu up date info dari kaskus terutama info bermutu dari gan.. sip lengkap komplit pokoknya..
    saya senin besok sudah masuk tahap FGD..
    semoga saya bisa menyusul kesuksesan agan.. amin..

    BalasHapus
  5. Semangat ya... semoga anda berhasil... kalo bisa anda kenalan dulu sama peserta yg laen jd biar anda bisa ditunjuk jadi jubir pas FGD (kan kalo pada ngga kenal pada sungkan nunjuknya hehehe)... :)

    BalasHapus
  6. klo dari interview hrd ke user brp lama ya?
    thx

    BalasHapus
  7. Wah ini bisa beda-beda tiap orang, kalo saya sendiri saya nunggu 2 minggu'an baru dipanggil user... ada yang dipanggil besoknya setelah interview HRD, ada juga yang nunggu 1 bulan, sabar aja menanti bung... :)

    Good luck ya... :)

    BalasHapus
  8. oh ya kirim cv nya ke BCA WISMA ASIA SLIPI LANTAI 21 ya?

    BalasHapus
  9. Ho'oh... taruh di resepsionisnya aja... bilang mau naruh lamaran BDP.

    Smoga berhasil ya... :)

    BalasHapus
  10. thx infonya ya :)

    BalasHapus
  11. mw tanya dong, klw udah masukin lamaran dari awal agustus tp smpe skrg blm ada panggilan brarti gagal tes administrasi y?
    dikabarin atau ga sh sm BCA nya klw gagal? mohon info.

    BalasHapus
  12. Halo...
    Anda memenuhi persyaratan BDP'nya ngga? Harusnya sih dikasitau kalo emang kita gagal... :)

    BalasHapus
  13. semua persyaratan terpenuhi ko. mulai dr ipk smpe tetekbengek, knp yaa kira2? ga dikabari jg..
    thx infonya

    BalasHapus
  14. Mungkin psikotest nya lagi ditunda karena mau lebaran, tunggu aja abis lebaran... stau saya sih kalo persyaratan uda dipenuhi biasanya ntar dipanggil untuk psikotest kok... :)

    BalasHapus
  15. kalau ngelamar BDP sebaiknya daftar online atau langsung kirim CV ke wisma asia ya? soalnya tempat tinggal ane jauh dari jakarta, atau dipaketin gitu? soalnya kalau daftar online kayaknya form yang ada di webnya BCA ada sedikit error, data yang ane masukin beberapa ada yang ga keisi ketika di reload, padahal tadinya udah diisi T.T

    BalasHapus
  16. Mendingan kirim aja secara manual, soalnya dulu saya juga gitu, error di website nya...
    Kalo ngga salah kan tiap kota besar kirimnya beda-beda jadi ngirimnya mendingan ke kota besar deket sama tempat kita aja, klo di Jakarta ya ke Wisma Asia... paket juga boleh. :)

    BalasHapus
  17. kalau wilayah pontianak ngirim ke mana ya...

    BalasHapus
  18. Waduh, mending coba ke kantor cabang utamanya yg jalan A. Yani ya kalo ngga salah, tanya kalo mau masukin program BDP kirim disini ato ke Jakarta... :)

    BalasHapus
  19. Halo :)

    Sebelumnya, terimakasih ya krn postingan Anda sgt informatif dan bermanfaat bagi pada aplikan BDP seperti saya, hehehe

    Ada yang mau saya tanyakan.
    Tgl 5 kemarin saya interview user, kemudian diinformasikan bahwa hasilnya akan keluar 7-10 hari kemudian. Namun ternyata ada aplikan yang tgl 8 sudah ikut medical check up, sedangkan saya tidak mendapatkan informasi apa-apa.

    Mnrt Anda, apakah saya sudah tidak memiliki peluang unt lolos ke tahapan medical check up?

    Terimakasih banyak :D

    BalasHapus
  20. Halo Janeth, salam kenal... :)

    Mengenai yg dipanggil cepet atau ngga untuk medical check up itu menurut saya ngga begitu pengaruh dengan peluang untuk lolos medical check up apa ngga karena yg ngaruh adalah kesehatan dari masing-masing orang. Yang penting selama belum ada pemberitahuan ya kita masih ada peluang untuk masuk... :)
    Lagian next batch kan denger-denger masih November jadi santai dan bersabar aja :)

    Emang kamu ambil BDP yang apa Jane?

    BalasHapus
  21. Hehehe jawabannya menyejukan hati deh ahahaha

    Saya ambil bdp ao, kmrn informasinya akan buka september ini. saya agak pesimis sih, karena aplikan itu interview user di hari yang sama namun sudah dipanggil untuk medcheck (sepertinya sehari sesudah user intervoew), tapi saya belum ada informasi untuk medcheck atau sudah selesai sampai tahap user saja -___-

    Terimakasih banyak Hamhamichi :)

    BalasHapus
  22. permisi numpang tanya....
    Sebelumnya, maaf klo agak banyak nanyanya...
    Saya tinggal di Jogja, kirim lamarannya ke cabang BCA yang di jogja atau langsung ke BCA pusat di Jakarta?
    Trus proses seleksinya di jogja atau jakarta?
    seandainya keterima, itu selama masa pendidikannya itu penempatannya di kota asal (jogja) atau di pusat (jakarta), atau ditempatkan di mana saja sesuai kebijakan BCAnya?
    Btw, terima kasih sebelumnya atas infonya.....

    BalasHapus
  23. Boleh minta alamat pos'y? Soalnya dari bandung nih? Coba apply online eror mulu,

    BalasHapus
  24. @ Janeth :

    Saya jd kayak iklan teh di tengah2 kemacetan jakarta yg menyejukkan hati... :p

    Hmm, berpikiran positif aja kebetulan lagi hokinya dia aja dipanggil medical check up cepet, dipanggil cepet kan blm tentu lolos jg... :)
    Sambil nunggu jaga kesehatan dan mulai nyambi belajar mengenai AO... kan lebih enak kita prepare sblm kita masuk jd lebih gampang nyerap ajarannya nanti... :)

    Smoga cepet dapet panggilan medical check up dan lolos ya biar sapa tau kita jodoh ktemu di batch selanjutnya hahaha... :p

    BalasHapus
  25. @ Anonim alias Mr X ato Mrs X biar keren... :p

    Hmm, taruh di Jogja harusnya gpp kok, nanti seleksinya di Jogja juga harusnya. Kalo masalah training saya kurang tau, bisa aja kemungkinan di Jakarta... :)

    Pas masa pendidikannya itu ntar ditaruh sesuai kebijakan BCA'nya... klo trainingnya emang di jakarta sih kemungkinan ditaruh di sekitar jakarta jg... :D

    BalasHapus
  26. @ Wendypradytia :

    Ini alamat untuk Jakarta :

    BCA Wisma Asia I, Lt. 21
    Jl. S. Parman Kav. 79 Slipi
    Jakarta Barat 11420

    Jangan lupa cantumin Kode BDP di sudut kiri amplop


    Semoga berhasil ya... :)

    BalasHapus
  27. Hehe,
    memang betul, mgkn baiknya saya persiapkan diri, baik dgn ilmu per-AO-an atau unt menerima kabar kurang menguntungkan -___-

    Terimakasih untuk informasi dan penyejukannya, Hamhamichi :)

    BalasHapus
  28. Thanks bgt yaa info2 dari kamu..
    Besok saya mau Dinamika Kelompok nih,,, sebenernya kasusnya berkaitan dengan BCA atau kehidupan masyarakat nyata sih???
    Pengumuman lolos/gagalnya test ini hari itu juga yaa??
    Tq b4

    BalasHapus
  29. Kasusnya biasanya berkatian dengan kehidupan masyarakat. Kayak dulu saya pas hari kebangkitan nasional... :)
    Pengumuman'nya langsung hari itu juga klo saya, langsung isi mau BDP yg apa dan interview HRD skalian...

    Smoga berhasil ya... :)

    BalasHapus
  30. thanks infonya bro..
    bsok gw br mau psikotest..he2.

    BalasHapus
  31. thanks bro infony bermanfaat..
    jadi lebih confident psikotest bsok..

    BalasHapus
  32. @ Martua4life & Old :

    Good luck ya besok, optimis aja bisa ngerjain... karena klo optimis ntar kita pede ngerjainnya... :)

    BalasHapus
  33. ada yg pernah lamar lwt jobstreet dan dipanggil ga?klo lwt jobstreet kan pas apply ada pertanyaan bersedia ditempatkan di luar kota dan beri alasannya!ane cuma mau tau jawaban kawan2 di atas apa?thx

    BalasHapus
  34. Gan, ane kan daftarnya program BDP tu ya.. nah masa ane dikirimin sms yg isinya ngundang ane ikut tes psikotes bwt program PPA...???

    ane lg bingung bgd ni gan, mungkin ga ya BCA nya salah ketik gitu...hehehe

    THX..

    BalasHapus
  35. @ Zzzttt :

    Hmm... sebelumnya kualifikasi anda udah memenuhi persyaratannya blm? Mungkin aja karena kualifikasi anda cocoknya sm PPA makanya ditawarin... tapi coba aja sih telepon BCA'nya aja 021-25563000 terus ext. numbernya 53279, minta hubungin sama ibu Dede tanya aja ke dia :)

    BalasHapus
  36. ada yg bilang setelah pendidikan satu taun itu masih ada seleksi lagi 3x? berarti walaopun kita ud ikut pendidikan ada kemungkinan ga jd pegawai tetap krna dieliminasi?

    BalasHapus
  37. Katanya sih begitu... jadi walopun kita uda diterima program'nya kita ngga bisa santai2 karena ada modul dan tes yang menanti untuk sebagai ajang pembuktian bahwa kita pantas atau tidak berada di BDP... :)

    BalasHapus
  38. wah, sayang banget kalo sampai tereliminasi :(
    thanks ya atas informasinya.. :D

    BalasHapus
  39. Makanya bung, sayang juga kan... :)
    Ada yang bilang hidup adalah belajar... tampaknya berlaku juga buat BDP ini hehehe... :D

    BalasHapus
  40. kemarin lolos administrasi, trus interview, trus test iq n psiko, katanya d suruh nunggu di telpon,..berapa lama aku harus menunggu??

    BalasHapus
  41. Rata-rata 2 minggu, bisa lebih bisa kurang.
    Saya sendiri dari interview psikolog ke dinamika kelompok menunggu 1 bulan.

    Good luck! :)

    BalasHapus
  42. boleh tau kasus agan waktu FGD dulu?
    trus beda pertanyaan waktu interview psikolog sm HRD apa gan?
    thx bgt..

    BalasHapus
  43. @ Rissa :

    Kalo saya waktu itu mengenai hari kebangkitan nasional, jadi kita diminta memberi pendapat mengenai apa yang perlu dibenahi dari Indonesia :)

    Bedanya interview psikolog sama interview HRD :
    Sebelum psikotest kita diminta mengisi formulir, nah pas interview psikolog ditanya seputar yang anda isi di formulir tsb.
    Kalo yg HRD, sblm kita interview HRD kita diminta mengisi formulir, nah pas interview HRD kita ditanya seputar yang kita isi di formulir tsb.

    Itu berdasarkan pengalaman saya, tapi menurut saya sih klo psikolog ditanya'nya seputar kepribadian kita. Kalo HRD bisa saja ditanya seputar kuliah ato kerja klo kita uda bekerja. :)

    Good luck! :)

    BalasHapus
  44. baru dpt telp buat tes tgl 27 sept di smrg. .

    susah g psikotestnya??

    kasih clue dunk,hehehe..tq brur
    nice post

    BalasHapus
  45. @ Ryan :

    Kalo yg di Jakarta sih ngga susah kok, ngga tau ya kalo di Semarang...
    Buat persiapan baca di atas yang BAHAN BACAAN PERSIAPAN UNTUK PSIKOTEST karena waktu itu banyak jenis tes yang keluar dari sana... :)

    BalasHapus
  46. ebuset,,, harkitnas??
    beuh.. berarti dinamika kelompoknya lebih ke pertanyaan ya.. bukan kasus masalah suatu perusahaan gt,,
    waahh,, thx bgt agan,,
    trus mas Hamhamichi jawab apa?
    hehehehhe

    BalasHapus
  47. @ Rissa :

    Yaahh mungkin karena yang nanya beda orang jadi bisa aja beda pertanyaan'nya... =p
    Saya waktu itu jawabnya mengambil alih kembali sumber daya kita yang dipegang oleh pihak asing... karena uda cukup lama pihak asing menguasai sumber daya kita dan kita bekerja untuk mereka jadi harusnya kita uda punya kemampuan untuk mengelola sendiri. Soal teknologi kan bisa ditutupi dengan hasil dari sumber daya tsb. Efeknya nanti akan berpengaruh pada devisa negara yg berujung pd perbaikan infrastruktur, peningkatan pendidikan di Indonesia, dll... =D

    BalasHapus
  48. *mlongo
    keren nih agan nya..

    BalasHapus
  49. @ Rissa :

    Kerenan orangnya ato kerenan kata-katanya Ris? Hahahah! =p

    BalasHapus
  50. aaahh,, 22 nya bolee laaah gan, hehehe :D

    BalasHapus
  51. Gan..Mo confirm lagi dong. Soal TPU keluar juga ya? Agan pernah ikut tes PST McKinsey & Co ga?Susahan mana sama Psikotes BDP?

    BalasHapus
  52. Kalo dulu sih saya keluar, tapi bisa aja berbeda soalnya tiap tes.. yang penting baca-baca dulu aja bahannya biar lebih mantep.
    Saya tidak pernah ikut PST McKinsey... harusnya sih susahan McKinsey ya karena itu uda internasional... :)
    Good luck... :)

    BalasHapus
  53. Sip...Thanks gan..

    BalasHapus
  54. gan ane punya kelainan buta warna

    apakah pas medical check itu merupakan fatal
    tolong infonya
    terimakasih

    BalasHapus
  55. Hmm... buta warnanya untuk warna apa aja? Menurut saya sih harusnya ngga fatal2 amat... tp yang penting coba aja dulu med check up nya... :)

    BalasHapus
  56. gan, tengkyu banget atas infonya ya..
    ane udah selese tahap fgd kemarin, trus besok ini mau interview HRD.
    Kalo boleh tanya, interview HRD itu ada pertanyaan2 perbankan gitu ga ya? atau cuma kepribadian doang?
    tengkyu banyak agan hamhamchi..:))

    BalasHapus
  57. Hmm... harusnya sih kalo HRD bertanyanya seputar sama formulir yg kita isi sehabis kita dinamika kelompok kemaren (yg tentang pilihan BDP kita itu lho)...
    Yg bisa aja ditanyain seputar perbankan itu waktu interview user, tapi saya sendiri sih dulu ngga ditanyain... tergantung sama BDPnya ambil yang apa kali ya hehehe..
    Sama-sama... semoga berhasil dan bergabung dengan kami disini! :)

    BalasHapus
  58. kalau untuk interview user ao,pertanyaan level perbankan sejauh apa bro? kemudian mayoritas berkisar? perlu input informasi :)
    thx

    BalasHapus
  59. Hmm... saya waktu itu tidak interview user AO tapi saya interview user operasional. Jadi untuk pertanyaannya untuk AO mungkin kita dihadapkan pada kondisi memilih salah satu dari 2 atau 3 option yang ada lalu apa alasannya.

    Misal : industri properti lg ngetrend... nah ada 2 perusahaan kontraktor besar yg mau bikin perumahan, misal 1 di daerah kumuh dan 1 di daerah elit, nah kalo disuru pilih anda mau kasih kredit ke perusahaan yang mana dan mengapa.

    Yang interview mungkin ingin tau analisa kita ampe sejauh mana... yg penting kalo mau interview user AO ya kita baca-baca aja hal-hal yang berkaitan dengan AO :)
    Ngga menjamin itu keluar ya yg contoh dari saya ini hehehe... :)

    BalasHapus
  60. gan,mo tanya neh..ane ikut jobfair yang di landmark bandung (naruh cv doank) n ada panggilan interview beberapa hari berikutnya di jobfair itb, besok ada panggilan buat psikotest masih di bandung.tapi kemarin ada sms masuk nyuruh psikotes di jakarta,ko bisa 2 gitu ya ga?
    apa ane harus ikut lagi?
    or nunggu hasil psikotest yang di bandung saja?

    BalasHapus
  61. Mendingan telepon aja ke 021 25563000 ext 53279 lalu bertanya kepada Ibu Dede aja... ceritakan mengenai kebingungan anda ke Ibu Dede... kan mending langsung konfirmasi ke orang yang memang tau proses recruitment BDP... maaf saya tidak bisa membantu menjawab, daripada takut salah nantinya. :)

    BalasHapus
  62. waduh buta warna bukan cuman tau warna apa doank gan.. itu lho yang tes angka warna2i. dulu ane pernah gagal scaba gara2 itu

    BalasHapus
  63. salam kenal gan.
    dulu saya juga udah pernah ikut test BCA tp untuk bag Teller, soalnya susah bgt. dan besok ini tgl 10 aq mau test BDP. Mudah2an dari kegagalan yang kemaren semoga besok tgl 10 bisa keterima.
    AMin

    BalasHapus
  64. Salam Kenal Gan,

    Kemaren Jumat 4 November saya baru aja interview dengan User AO (Ibu Supeni) di Wisma Asia 2 Meeting Point A03..

    Saya cukup bingung dan tergagap gagap ketika ditanya tentang marketing perbankan...dan ketika simulasi prospecting customer dengan beliau saya juga agak panik..

    kira kira peluangnya gmana ya gan??

    beliau cuma menjawab, kalo cocok minggu depan bisa Medcheck...

    BalasHapus
  65. Menurut saya, dalam interview beliau juga menilai hal lain selain pengetahuan anda... tapi menurut saya sih kalo memang beliau melihat anda ada potensi maka harusnya anda bisa masuk karena ilmu bisa dipelajari selama training... yang penting perusahaan melihat kita memang ada potensi, hanya tinggal dipoles aja... :)
    Banyak berdoa dan good luck... :)

    BalasHapus
  66. Gan, domisili ane sbnrnya d surabaya.. tp dah terlanjur ngelamar BDP n ikut test di wisma BCA asia.. skrg dah tahap dinamika kelompok besok lusa.. itu kira2 semua tahapan test emang harus di jakarta ya? g bs gt pindah k surabaya? :D

    Terus jarak setelah dinamika kelompok sampai dgn interview HRD berapa lama?
    thanks a lot

    BalasHapus
  67. Gan..

    Last Question sambil menunggu kabar medcheck ni...

    kira kira keputusan YA dan TIDAK di bdp bca itu kita dikabari ga??

    kemudian dari pengalaman anda, setelah interview user agan menunngu kabar medcheck berapa lama??

    seminggu ato 2 minggu??

    Thanks 4 ur info yaa...

    GBU

    BalasHapus
  68. @ Elly = wah tampaknya kalo uda di wisma asia ntar kelanjutannya tetep di wisma asia deh karena ntar dianggep tesnya di jakarta... :)
    Kalo saya habis dinamika kelompok langsung interview HRD malah... :)


    @ Anonim = keputusan maju ke tahap selanjutnya atau ngga kita dikabarin kok nanti... :)
    Kalo ngga salah inget saya cuma nunggu semingguan deh... tapi ngga ampe lebih dari 2 minggu... :)
    Sama-sama... Semoga berhasil... :)

    BalasHapus
  69. gan, numpang tanya gan,, besok ane kan dinamika kelompok jam 9 siang,, kira" beresnya jam berapa ya gan sampe wawancara hr selesai?? ane butuh pertimbangan nih, buat konfirmasi test di tempat lain,, terimka kasih gan,, salam kaskuser:D

    BalasHapus
  70. Tergantung jumlah orang yg dinamika kelompoknya...
    biasanya habis dinamika kelompok itu interview HRD... jadi klo mau habis interview HRD anda minta ijin ke ibu/bapak yg bawain dinamika kelompok untuk ijin di interview HRD pertama kali.
    Estimasi waktu kalo pas dinamika kelompok anda maju pertama kali dan interview HRD yg pertama kali sih harusnya jam 3 bisa selesai :)

    BalasHapus
  71. sangat bermanfaat sekali mas Hamhamichi, kalo boleh tahu, yg ditanya saat interview HRD & user apa2 aja mengenai bidang operasional? karna besok saya akan menghadapinya dan saya memilih operasional. makasi sebelumnya:)

    BalasHapus
  72. Wah maaf saya baru bales...
    Hari ini ya interview'nya?
    Saya waktu dulu sih klo HRD ditanyain kenapa milih operasional... krn saya ada pengalaman part time jadi lebih banyak sharing mengenai kerja part time saya tsb. Kalo untuk interview user bertanya kepada hal mengenai sewaktu pengalaman kuliah dan pengalaman kerja part time, jadi menurut saya interviewnya fun... ngga berat... :)
    Palingan jg ditanyain siap ngga ditempatin dimana aja, kenapa km pantes di operasional, bgmn mengatasi kekurangan anda agar tidak mengganggu budaya yg ada di BCA... :)

    BalasHapus
  73. bro hamham...
    bsk tgl 14 saya dinamika kelompok, ancang2 juga buat interview hrd nya, kan disuruh isi form dulu tuh buat aplly posisi yg kita minat..
    kalo aku liat dari bbrp artikel yg aku baca ttg bdp bca, yg kepanggil buat tes interview user itu yang apply untuk posisi yg kebetulan emang lagi kosong/dibutuhin. Nah, pertanyaan gw, gimana gw taunya kalo posisi mana yg lagi kosong?? makasih banyak.. =D

    BalasHapus
  74. bro mau tanya kalau tahap seleksi admnistrasi to suruh ngapaian aja ? maklum aku lagi di sms dari bca tadi sore. suruh tes di semarang

    BalasHapus
  75. Maaf baru buka, kemaren sibuk jadi ampe lupa buka blog... :D

    Untuk posisi yang hampir selalu butuh orang adalah posisi AO bung... karena bank-bank lagi mau gencar ningkatin kreditnya... :)
    Tapi BCA biasanya ngliat dari hasil tes kita untuk menawarkan posisi mana yang cocok untuk kita, jadi selain kita isi form yg sehabis dinamika kelompok ntar waktu interview HRD BCA bisa menentukan sebenarnya kita cocoknya di bidang mana :)

    Seleksi administrasi itu hanya seleksi apakah lamaran yang kita ajukan sudah memenuhi smua persyaratan yang diminta BCA apa belum seperti IPK dan umur :)

    BalasHapus
  76. in english apa indonesia niy ya?
    saya dita salam kenal ya..:)

    BalasHapus
  77. bro hanamichi, emang bener gosip yang bilang klo kita ngeply lewat web nya bdp bca ga akan diproses sama bca nya? terus klo mau ngeply lebih baik ke mana yah bro hanamichi?

    thanks ya.. :)

    BalasHapus
  78. saya apply lewat web untuk wilayah tes makassar, dan skrg sampe wawancara psikolog, udh 2minggu tunggu paggilan FGD tp belum ada,. klo dak lolos ada pemberitahuan juga gak ?

    BalasHapus
  79. gan mau nanya nih ditest bdp yg ane jalani..yaitu seleksi administrasi - psikotesnya and interview,waktu itu seharian skaligus gan. wkt ane ikut job fair ,....yg ane mau tanyain....apakah dr tahap yg udh ane jalanin khusus tahap interview ituh...apah tuh ,termasuk interview psikolog yha gan...?setahu ane biasanya jarak psikotest ke psikolog jaraknya paling ngga 2 minggu...wkt ituh ane lupa nanya sih gan...he..he...cm katanya yg innterview ntar dikhabarin dari bcanya ( ditlp )...baru seminggu lebih 1 hari sih gan...tapi ane udh dipanggil interview ama bank lain gan...jadi binggung....he..he...mohon petunjuk gan...smogaa..agan dpt rezeki yg banyakk dehh...he...he...cos mau berbagi ilmu...

    BalasHapus
  80. @ Dita : selama proses seleksi pake indonesia, cuma nanti kalo ketrima kita diminta bawa fotocopy hasil tes TOEFL... ntar selama pendidikan kita dapet kursus bahasa inggris kok... :)


    Denger-denger lewat websitenya sih ngga gitu besar peluangnya, tp dulu aku lewat website jg si... :) Kalo mau lebih pasti sih mendingan kirim manual aja ke :
    BCA Wisma Asia I, Lt. 21
    Jl. S. Parman Kav. 79 Slipi
    Jakarta Barat 11420
    Jangan lupa cantumin kode BDP di amplopnya... :)


    Selama seleksi kalo kita gagal maka kita akan dapet pemberitahuan kok dari BCAnya... jadi bersabar aja karena untuk tahun ini terakhir ampe angkatan 19, ntar mulai januari baru dibuka angkatan selanjutnya makanya proses seleksinya jadi agak lamaan... :)


    Setauku sih brati nanti kamu tinggal nunggu dinamika kelompok aja brati... :)
    Normalnya sih perusahaan2 2 minggu cuma kalo di BCA bisa aja lebih cepat/lebih lama... aku sendiri aja ke dinamika kelompok nunggu 3 mingguan...
    Interview di bank laen gpp, kan kamu belum dapet kepastian bakal diterima dimana... kamu ikut BDP yang apa? Sekarang BCA lagi banyak membutuhkan AO (marketing) makanya sekarang jg ada program AAO (Apprentice Account Officer)... :P
    Makasih makasih.... smoga kamu cepet dapet kepastian bakal berkarya dimana... :)

    BalasHapus
  81. maaf gan mau tanya dund :) itu yang test dinamika yg ada puzzle tuh yg gambar diatas tuh hasil akhir atau dikasihnya dalam bentuk seperti itu?
    di apakan puzzlenya?

    BalasHapus
  82. Itu bentuk akhir puzzlenya seperti itu... nanti itu diacak dan peserta diminta menyusun kembali puzzlenya seperti semula, klo pas saya dulu peserta ngga diliatin hasil akhirnya tapi langsung pecahan masing-masing puzzlenya dan diminta susun... :)

    BalasHapus
  83. bro ham2, mau nanya dong.

    2 minggu yg lalu saya uda ngeply bdp bca lewat web mdpbca.com
    tp ampe skrg saya blm dpt respon dari bca nya, denger2 web itu uda ga kepake lg.

    barusan saya coba login lewat webnya, tp username sama password saya salah. pdhal pas saya cek email saya yg dpt dari noreply@mdpbca.com itu username sama password saya sama kaya yg saya masukin pas salah.

    yg jd pertanyaan saya
    1. mendingan saya sabar nungguin respon dari bca nya ato ngeply manual ke wisma asia nya ya?
    2. klo ngeply manual berkas2 apa aja yg hrs disiapin? denger2 klo ngeply manual hrs nyiapin ijazah dari sd?
    3. apa saya hrs ngeply online lg dgn buat akun baru?

    makasi ya bro ham2

    BalasHapus
  84. gan, ane tgl 1 desember udah sampe interview HRD. Sampe sekarang kaga ada pemberitahuan lolos apa gak. barengan ane udah dikasi tau kalo ga lolos, tp dia dialihin buat admin kredit dan sekarang udah ada kepastian kontraknya.
    ane bingung ni gan, punya ane masi diproses atau udah ada pemberitauan gagal cm ane gak sadar. Haaahh.. selama itukah tes BDP??? *Sorri gan, malah nyampah.. haha, ane bingung si mau nyampah soal ginian dimane.. Hee

    BalasHapus
  85. @ Sawakita :
    Halooo.... Yang soal website itu sih denger-denger ada yang bilang ngga kepake dan ada yang bilang masih dipake. Kalo aku jadi kamu sih mendingan aku juga apply secara manual karena kalo manual pasti kebaca'nya sama HRD'nya... :)

    Kalo apply manual siapin surat lamaran, transkrip nilai kuliah, ijazah, CV sm pas foto yang cakepan biar yang baca CV kamu terpesona... :p
    Pas aku sih cuma dari ijazah SMA aja kok... :)

    Yang online itu biarin aja, kamu mendingan manual aja... Pas kirim manual kan kamu bisa tanya langsung tuh mengenai websitenya ke HRD'nya... :)



    @ Anonim :p
    Hmm... temenku juga ada yang kayak gitu kok, daftar AO trus jadinya operasional karena HRD melihat kita cocoknya sebenernya dimana dari hasil tes dan dari wawancara HRD kita... :)
    Kalo belum ada kabar brati data kamu lagi di proses, emang kamu daftar BDP apa? Jika gagal pasti ada pemberitahuan kok jd tenang aja... bersabar kayak aku yang nunggu 3 bulan 10 hari demi BDP ini... :D
    Kabar-kabarin aja uda sampe mana tahapan kamu oke... :)

    BalasHapus
  86. waktu wawancara ane daftar audit, tapi dibilang knp gak operasional aja, gitu sih..jadi gak tau pastinya dimana. *pdhl ane jg gak ngerti2 amat audit tu ngapain nantinya, cm kayanya interaksi sama orang banyaknya sedikit bukan si? soalnya ane jg dibilangin *sama ibu HRD yg baeek bgt :), katanya ane punya ide bagus tp selalu nunggu org lain bwt duluan.*ini si yg bikin ane mikir kalo gak lulus, tp pengumuman gagal belom dapet2 :(.
    3 bulan lama ya..ane juga hampir 3 bulan ini mudah2an gak lebih lama dari agan ya kepastiannya.. hehe
    thx gan udah nampung sampah ane, semoga agan lancar rejekinya, dan ane nyusul juga. hahahaha *ngarepp

    BalasHapus
  87. Gitu ya... orang HRD'nya kan lebih tau kita tepatnya dimana... walopun misalnya nanti ketrima di audit trus lulus pendidikan dan selesai ikatan dinas kan kamu bisa pindah ke bagian laennya kalo kamu mau request... jadi yang penting percaya dulu aja sama penilaian HRD'nya... yang penting ketrima BDP dulu... :p

    Audit sih kalo ngga salah biasanya di kantor pusat, jarang ktemu orang banyak sih... Yang banyak ktemu orang banyak itu operasional sama account officer(AO)... :)

    Saya mulai ikut tes dari mei, cuma kepastian ketrimanya juli... jadi total-total 5 bulanan lah nunggunya... emang ada yang cepet dan ada yang lama... bersabar aja kalo kita apply'nya bukan AO karena lowongan yang banyak dibuka itu yang AO...

    Smoga cepet dapet kepastian ya bung... ditunggu kabarnya... :)

    BalasHapus
  88. gan maaf tanya lagi niy :) abisnya bermanfaat bgt :)
    sebagian besar yang tes dinamika lulus pa hanya sebagian kecil??
    BDP audit itu gambarannya seperti apa?
    yang ngecek2 hasil dari pekerjaan di tiap cabang ya??

    BalasHapus
  89. Dari dinamika kelompok kadang banyak yg lulus dan kadang juga dikit... tergantung dari gimana HRD melihat pesertanya... kadang ada yg sebagian besar lulus smua dan ada yang sedikit... kayak saya dulu, dari rekan dinamika kelompok berlima hanya saya yang lolos... :)

    Audit kalo ngga salah nanti kerjaannya ya mencocokkan apakah cabang sudah bekerja sesuai dengan standar procedure ngga... intinya jadi polisi untuk cabang hehehe... :)

    BalasHapus
  90. Dear hamhamichi...

    Saya 3 bln yang lalu tes dinamika kelompok dan lolos, lalu berlanjut ke interview HRD.. Ini sudah menuju bulan k 4 tp tidak ada konfirmasi sama sekali. sedangkan teman saya yang berbarengan dia sudah di tlp 2 kali untuk penawaran. Apa saya di anggap gugur ?samapai skrg tidak ada konfirmasi.

    Oya, selain itu yang ingin saya tanyakan brp lama total training sblm penempatan ya?slain itu apakah ada ujian di hari sabtu atau minggu?masalahnya saya sekarang sambil melanjutkan pendidikan magister d hari sabtu dan minggu nya.terimakasih

    BalasHapus
  91. sory gan baru balas,aq maunya sih oprasional,tapi wkt itu belom ditanyain sih waktu interview mau ambil yg bagian apah....tp sudah nanya2 tentang bagian marketing,cos cv aq dibaca ama si pewawancara,and sebelumnya emang aq dulu kerja dipromotion...

    BalasHapus
  92. @ Putri :
    selama belum ada pemberitahuan berarti anda masih diproses dan masih ada peluang untuk ke tahap selanjutnya.
    total training atau pendidikan itu setahun dimana itu uda termasuk magangnya :)
    kita tiap sabtu dan minggu libur kok, jadi kita masuknya senin sampai jumat. temen saya malah ada yg sambil melanjutkan magister, jadi kuliahnya senin, rabu dan kamis... saya acungkan jempol sama dia karena sejauh ini dia bisa membagi waktunya :)


    @ anonim :
    kalo mau dapet ilmu banyak sih mendingan di operasional, tapi ya kita balik lagi tergantung dari HRD'nya nempatin kita di bidang apa, percaya aja dulu deh hehehe... kan kalo uda lulus pendidikan dan selesai ikatan dinas kita bisa rolling kerjanya jadi bisa belajar smuanya... :)

    BalasHapus
  93. halo...salam kenal yaa..
    saya Tiffany :)
    sebelumnya makasih atas infonya...
    tapi saya mau tanya, kalo udah lulus seleksi BDP terus pendidikan selama 1 tahun y??setelah itu udah pasti kita bakal jadi karyawan BCA ga??
    ois, satu lagi, boleh berjilbab ga??

    makasih...

    BalasHapus
  94. Halo Tiffany... kalo uda lulus seleksi BDP kita nanti pendidikan selama 1 tahun dimana di dalamnya terdapat on job training (magang). Setelah selesai pendidikan nanti kita bakal jadi karyawan tetap. Berjilbab boleh kok, temen satu angkatan saya juga berjilbab... BCA kan terbuka buat semua umat beragama... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oohh gitu yaa...
      tapi selama BDP kita dapat gaji atau tunjangan makan ga ya??
      syukur deh kalo boleh berjilbab, takunya ga boleh.. :)

      Hapus
    2. kita dapat uang saku sm snack dan makan siang kok... perbaikan gizi jadinya hehehe... :D
      kamu uda apply?

      Hapus
    3. uang sakunya kira2 lebih gede dari gaji saya sekarang ga yaa?hehee.. :D
      saya udah apply...tgl 30 januari dijadwalin untuk psikotest...

      Hapus
    4. smoga aja lebih gede... tapi itu masalah nanti karena kamu baru mau mulai psikotest kan... fokus di seleksinya dulu... :D

      Hapus
  95. Selamat Pagi, Mohon maaf jadi tertarik untuk Ikutan bertanya setelah menyimak dari atas sampai bawah,Saya Mendaftar BDP melalui Jobstreet,dan pernah mendaftar melalui web tapi data yang saya isi di web BCA tidak lengkap.Barusan dini hari tadi ada sms yg berisi :BCA/REKRUTMEN : Mohon Konfirmasi Kesediaan Anda Mengikuti PSIKOTEST BDP RABU 1 FEB 2012 dan intinya disuruh Ketik REK-1/REK-2 untuk kesediaan atau tidak..Apakah SMS itu benar adanya dari pihak Program BDP itu sendiri?(maaf bingun karena saya lihat di jobstret/web BDP tidak ada pemberitahuan mengenai sms tersebut)Mohon Bimbinganya yah akang" semua..Senang bisa menemukan blog ini <3 (Fadly)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Fadly..
      salam kenal...

      kemarin saya juga dapat sms persis dengan yang kamu terima, tapi jadwal saya psikotest tgl 30 jan 2012. saya sih coba balas REK 1 aja dulu, terkirim juga smsnya, kayanya sih bener dari pihak BDPnya, kalo ternyata penipuan yaa kita lapor aja ke polisi hehee..

      Hapus
    2. Bener kok.. saya jg dapat sms BDP BCA tgl 17 jan kmrn.. tp karena saya ud kerja, ga saya bales. trz barusan dpt telepon lgsng dr bca bt konfirmasi dr saya utk ikut test tgl 30 jan 2012.
      btw saya d bandung jd k bca asia afrika.

      Hapus
    3. iya SMS itu benar utk panggilan psikotest... karena BCA pake pihak ketiga yg pakar di bidang psikologi untuk psikotest dan interview psikolog... :D
      good luck ya smua... ditunggu kabar baeknya... :)

      Hapus
    4. maaf seblmnya sya ikut gabung. saya juga dpt sms itu mlm ini isi smsnya hmpr sma kyk k2/mb2 semuanya. saya dlu dftr lp lwt web bca or web loker yg lain. sya d srh tes psikotenya tgl 31 januari 2012 d UNSRI Palembang. saya mash ragu kira2 info itu bener tidak? dn mengapa lokasi tesnya di palembang? sya tinggal di lampung. mohon dijawb, terimakasih :)

      Hapus
    5. Waduh maaf sebelumnya kalo tesnya di luar Jakarta saya kurang tau karena saya tesnya di Jakarta. Mgkn kamu diminta tes di palembang karena web lokernya lagi buka utk expo UNSRI mungkin makanya kamu diminta tes disana. Kan untuk apply BDP BCA tidak dikenakan biaya jd sampai sejauh ini ngga ada penipuan mengenai psikotest sih... Coba aja dateng... :)

      Hapus
    6. saya juga tes di palembang, lokasi tesnya di UNSRI kampus bukit besar tepatnya di Aula MM lantai 3..

      Hapus
  96. Bang, kalo dialihin buat credit reviewer, itu kerjanya ngapain ya?*semoga abang tau juga ya.. hehe dan kalo gini jenjang karirnya jelas gak?
    soalnya background pendidikan bukan dari ekonomi atau perbankan nih, tapi teknik planologi, ini teknik bukan ilmu pastinya yg banyak lagi, tp ilmu sosialnya. kira2 bisa gak ya?? takutnya kerjanya lbh mengarah ke itung2an...
    thx bang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh saya kurang tau, tapi dilihat dari namanya sih tampaknya kerjaannya kamu bakal melihat apakah calon debitur layak diberikan kredit atau tidak... :)
      Semua kerjaan harusnya ada jenjang karirnya kok, jadi tinggal bagaimana kita mengembangkan diri dan tetep humble agar kita bisa mengeluarkan yg terbaik dari kita dan yang di atas melihat potensi dari kita... :)

      Kalo soal itung-itungan yg ampe ribet pasti nanti pake sistem aplikasi karena kan BCA bank besar jadi pasti ada aplikasinya, kalau ngga bisa mabok orangnya ngitung manual smua kreditnya... :)

      Banyak yg kerja di bank kuliahnya jurusan yang aneh-aneh kok tapi mereka bisa menyesuaikan dan belajar di BCA... :)

      Hapus
  97. Pagi..

    Bro, gw apply BDP jurusan Operasional. Terakhir FGD & Interview HRD tgl 15/16 Desember 2011 tapi sampai sekarang ga ada kabar lagi.
    Nah gw liat di forum kaskus katanya class operasional uda mulai tgl 30 Januari 2012 besok, sudah ada yg sign contract juga.

    Apakah ini berarti gw tidak lolos ?

    Soalnya sampai sekarang tidak ada pemberitahuan kalau saya gagal (apa mungkin sudah ditelp tapi tidak bisa saya kurang tau, yang pasti kalau email / sms tidak ada).

    Kalau gw telp BCA nanyain status, menurut Bro Hamhamichi afdol ga ?
    Ditulisan diatas juga ditulis kalau "BCA menguji apakah kita sabar/tidak". Kalau gw telp apakah mengurangi penilaian ?
    Gimana pendapat Bro Hamhamichi kalau disituasi gw ?

    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pagi...
      Halo... kalo belum ada pemberitahuan gagal(sms/telp/email) berarti kamu masih diproses dan brati juga bukan untuk kelas operational nanti yg 30 januari, bisa aja kamu untuk kelas selanjutnya... :)

      Kalo mau menelepon ya gpp sih boleh-boleh aja kok... saya dulu sih ngga nelpon BCA, santai aja menunggu, soalnya kalo memang belum ada jadwalnya utk interview user mau telpon berkali-kali juga sama aja... :p

      Menurutku sih mendingan kamu nunggu aja dulu, sambil apply di tempat laen juga untuk jaga-jaga sapa tau kalo ngga berjodoh, kan kita ngga tau jodoh kerjaan kita dimana... :)

      Hapus
    2. Ow begitu..
      Takutnya gw mo ngelamar ditempat lain juga tapi pengalaman yg dulu2 waktu gw uda sign contract ditempat lain, abis itu lowongan kerja yang gw tunggu2 malah ngabarin.. @_@

      Kalau misal 30 januari besok udah mulai class, kira2 angkatan berikutnya dimulai lg kapan bro ?

      Hapus
    3. Hahahaha bener tuh, banyak temen saya yg ngalamin sama seperti kamu... :p
      Angkatan berikutnya kurang tau deh karena saya belum nanya, tp biasanya selisih 2 mingguan ntar angkatan selanjutnya dibuka... :D

      Hapus
    4. Wow.. Selisih 2 mingguan doank angkatan berikutnya dimulai lagi bro ?
      Angkatan berikutnya / kelas yg lain dibuka (AO,credit analyst) ?
      Tiap angkatan begitu brp orang ?
      Jurusan Operasional,AO,dll digabung ?

      Makasih ya pertanyaan gw dijawab terus dengan rinci, sangat2 membantu. :D

      Hapus
    5. Biasanya sih selisih 2 mingguan tiap angkatan...
      Tiap angkatan biasanya isinya macem2 kok, bisa ada AO, credit analyst, operasional cuma akhir2 ini bbrp angkatan ada yang AO smua, mungkin karena BCA lagi butuh banyak AO... Kalo mengenai jumlah tiap angkatan saya ngga tau berapa soalnya angkatan 15 jumlahnya 29 orang, angkatan 16 jumlahnya 18 orang, angkatan 17 jumlahnya 21 orang, angkatan 18 jumlahnya 38 orang... angkatan 19 jumlahnya 28 klo ngga salah... banyak kan, jadi bingugn sebenarnya tiap angkatan minimal brapa... :p
      Sama2... ditunggu kabar baiknya... :)

      Hapus
  98. gan,salam kenal, saya diazdari smg ,sy mau nanya tentang analis,marketing dan oprasional,bisa tlng jabarin dikt trutama yg masalah analis dan oprasional,,? lalu ada pengecekan ijazah g? soalnya ijazah saya masih berada di tempat sy bekerja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Marketing : menyalurkan kredit BCA kepada nasabah yg punya usaha, perusahaan, nawarin KPR sama KKB

      Operasional : menjalankan dan mengontrol kegiatan operasional di cabang (nanti kita jadi kepala bagiannya customer service/kepala bagiannya teller/kepala bagian back office)

      Analis kredit (masih agak kurang tau): kliatannya menganalisa kredit yg diajukan dari cabang kepada kantor pusat utk di proses apakah diterima/tidak. Biasanya menganalisa kredit dalam jumlah besar.

      Waktu kita mau psikotest kan ijazah dikumpulin jadi pasti ijazah juga dicek sama BCA... :)

      Hapus
  99. salam kenal,

    kesulitan saya saat ini adalah tidak dapat log in ke site bdp bca dengan alasan username atau password salah padahal sebulan yang lalu bisa log in dengan username+password yang sama.
    Tambah sulit lagi karena tidak ada opsi "Lupa Password", tambah lagi hendak "Sign Up" malah dijawab account sudah terdaftar.

    ada solusi??

    salam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya mendingan kamu apply secara manual aja, karena banyak yg mengeluh mengenai problem di website tsb dan katanya emang website tsb uda ngga dipake lagi.
      Banyak yg apply secara manual lebih cepet dipanggil utk psikotest asalkan memenuhi persyaratan.

      Lamaran ditujukan ke :
      BCA Wisma Asia I, Lt. 21
      Jl. S. Parman Kav. 79 Slipi
      Jakarta Barat 11420
      Jangan lupa cantumin kode BDP di amplopnya dan bilang ditujukan untuk Mbak Dede... :)

      Hapus
    2. ko hamhamichi..salam kenal ya..
      tanggal 30 ini aku psikotest di bca...
      mau tanya...psikotest yg tahap awalnya itu apa ttg gbr2 smua ya, misal kaya mencocokan gbr, kubus2 gt...
      mohon infonya...tq^^

      Hapus
    3. Kalo dulu ada mencocokkan gambar, itung2an, deret angka, nggambar juga... Smua ada lah pokoknya... Jadi persiapin aja, baca2 di kaskus tu ada yg mbahas mengenai persiapan psikotest... :D

      Hapus
    4. mas ganteng.. link thread nya donk, hihi

      Hapus
    5. Silahkan mampir :

      http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5757823

      Hapus
  100. gan kasih saran dong buat FGD nya, kemarin tgl 25 jan'12 saya udah psikotest + interview psikolog di BCA SEMARANG, dari hampir 100an orang yang ikut psikotes sesi 1 yang diambil cuma 27 orang..Nah menurut pengalaman agan nih dari 27 orang itu nantinya ikut FGD semuanya ato cuma di ambil beberapa saja?? atau yang ikut FGD dari gelombang psikotes sebelum/sesudah gelombang kita ya gan???

    makasih..slam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm, habis itu kan interview psikolog... Nah dari situ nanti bisa aja disaring lagi... Intinya dari 27 itu kalo bagus bisa maju ke FGD, tapi kalo ngga bisa aja smuanya gagal ato sedikit aja yg maju ke FGD... :)
      Kalo sedikit biasanya nanti FGDnya nunggu dari gelombang sebelumnya/sesudahnya... :)
      Nanti dari FGDnya pun begitu, klo pada bagus ya maju ke seleksi berikutnya... :)

      Hapus
  101. @anonim,kita senasib gan,,salam kenal y,diaz dr smg,@ fb saya y mas/mbak,mau share ttg tes krja ni,,diazarz_07@ymail.com
    @hamhamichi emm sebelum psiko g ada pengecekan ijazah itu gan,lgsung tes aja,trus mau tanya nih,untuk diskusi kelompok bagian pengembangan diri,saya boleh minta contoh atau kisi2nya g?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm, saya juga lupa dulu dicek apa ngga ya sebelum psikotest, tapi yg pasti sih nanti ijazah juga bakal diliat pas interview.... :D
      Untuk dinamika kelompok case yg dibahas berbeda-beda, biasanya sih berkaitan dengan hal-hal yg baru terjadi dan yg sedang terjadi, misal kayak hari pendidikan nasional menurut anda hal apa yg perlu diperbaikin di Indonesia. Intinya pendapat smua orang biasanya benar cuma mereka melihat bagaimana kita bisa menyesuaikan dengan orang lain yg baru kenal, cara kita menyampaikan pendapat kita dan cara orang lain menerima pendapat kita tanpa kita memaksakan pendapat kita ke mereka. Begitulah kira-kira... :D

      Hapus
    2. o gt y,,arigato gozeimas michi,, :)
      intinya brarty mengukur tingkat fleksibelitas kcerdasan y gan..

      Hapus
    3. Iya... ngga cuma kecerdasan aja tapi dilihat bagaimana peran kita dalam menonjolkan diri kita namun juga bisa bekerjasama dalam tim... :)
      Good luck ya... :)

      Hapus
  102. gan hamhamichi,sy mau nanya nih,..he..he...wkt ituh kan saya mengikuti job fair,and langsung interview,and psikotest,kira2 bulan desember 2011 yg lalu....tp sy rasa yg ngadaain psikotest ama interview ituh bukan dari bcanya deh....kok sy dpt sms suruh ngikut psikotest lagi minggu ini...yg ketik REK 1 ituh...mohon bantuannya gan ,kalo tahu maksudnya...gbu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm.... km dulu apply'nya bener BDP apa ngga, takutnya itu tes bkn buat BDP... Kalo yg sms ketik REK 1 itu dari pihak ketiga yg dipake buat psikotest & interview BDP... Ngga ada salahnya ikut lagi biar pinter ntar logikanya hihihih, kan ngga rugi jg krn ngga dipungut biaya kan... :D

      Hapus
    2. gan. tau no telpnya bca wisma asia I bagian HRDnya? tks gan.

      Hapus
  103. ok gan,kata anda ditrima atau tidak pasty dikabari y,,nah itu telpon atau sms gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa telpon ato sms, tiap orang kan berbeda-beda... :)

      Hapus
  104. salam kenal gan :)

    di BDP ada buka jurusan buat treasury juga nggak ya gan? pengen banget tuh masuk divisi treasury, soalnya ane ada pengalaman ama trading forex dikit2... makasih gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kalo untuk treasury sih saya kurang tau... Kalo untuk divisi internasional banking sih kemaren katanya butuh orang... :)
      Saya taunya cuma untuk BDP aja... Maklum masih anak baru... :p

      Hapus
  105. ngga kok gan,ane ikut psikotest and interview bca,and ikut program bdp waktu ituh,ngga mungkin salah,tp kok ikut lagi....bisa jadi yg dijob fair ituh cm buat psikotest awal ajah kali gan yhaaa....cos ane ikut yg kemarin job fair and ane lihat bothnya bca....lagi seleksi bdp juga dan ane lihat orang yg seleksi ituh orang yg sama pada saat ane ikut dibulan desember kemarin...makanya ane skrg binggung,...bsk anek peikotestnya gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kurang tau deh, saya kan pengalamannya tes langsung di wisma asia jakarta... Mungkin bisa aja seleksi itu untuk menseleksi lagi mana yg nanti akan maju psikotest soalnya klo yg daftar dr job fair kan banyak tuh jd dikurangin yg ikut tesnya biar bisa didapat mana peserta seleksi yg bener-bener bagus... :p

      Hapus
  106. kakak Hamhamichi ,,,

    saya sudah tahap interview user di BCA darmo sby ,,
    nah sudah 1 bulan ni gak ada kabar,
    biasanya kan ada sms kalo gagal ,,,

    ni kok gak dikabarin apa2...
    gmna mastikannya ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo belum dikabarin gagal ya tetep sabar menanti aja...
      Saya dulu juga nunggu lama kok untuk masuk. :)
      Ya sambil apply tempat laen juga sapa tau skrg blm berjodoh... :)

      Hapus
    2. tapi pasti dikabarin ya kalo gagal,,,
      ni kakak dah kerja di BCA BDP yah??

      Hapus
    3. Iya pasti dikabarin.
      Belum kerja tapi masih pendidikan BDP... Doakan saya berhasil... :)

      Hapus
    4. hhehee.. enak nya ka2 ham yg ganteng nih, uda pendidikan BDP, mudahan byk amalnya uda byk jawab thread2 yg mw d tanya dan txt sdah d jawab dsni..

      Hapus
    5. Hahahaha... amin... amin... makasih ya...
      Semoga kamu dapet kerjaan yg terbaik... :)

      Hapus
  107. haloo kak hamhamichi
    mau tanya,dulu kan saya pernah udah sampai tahap psikotes dan interview psikolog sekitar bln oktober 2011. katanya menunggu hasil utk tahap selanjutnya 2 minggu lagi, tapi ga ada kabar.
    tapi td malem saya baru dapet sms yg isinya sama kyk komen diatas (disuruh psikotes ).. apa bisa ikut proses seleksi lg ? setau saya katanya hanya boleh mengikuti proses bdp lg setelah 2 tahun kemudian..
    yg saya bingung kok disuruh ikut psikotes lg ya? saya jadi bingung.
    makasih sblumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mending ikutin aja psikotestnya dulu... :)
      Anda bingung saya juga bingung kok bisa gitu karena saya hanya peserta bukan orang HRDnya... :p

      Hapus
  108. apa benar tahap medical check up merupakan tahap tersulit terkait rangking kesehatan terbaik dari kandidat yang lolos?
    Terima kasih kakak .... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm... menurutku malah dinamika kelompok yg paling sulit ya karena dari kepribadian dan latar belakang yg berbeda-beda trus baru ktemu langsung membahas mengenai suatu topik... :D
      Tapi tiap orang punya pendapat sendiri-sendiri sih mengenai tahapan mana yg tersulit... :)

      Hapus
  109. "Enthusiasm & Endurance For Quality Leadership"

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Continuous Improvement Through Learning" :)

      Hapus
  110. Hamhamichi mau tanya bang, setelah lolos 7 tahap ampe medical chec up kan langsung pendidikan bdp 1 tahun, mah selam 1 tahun itu ngapain aja? trus katanya bisa ada eliminasi ya?? knp tuh eleminasinya?? apa ada ujian nya selama 1 tahun itu ? ujiannya brp x selama 1 tahun itu ?? trus seandainya kita di eliminasi kita langsung berenti dari bca ? apa bisa di tarik ke jabatan bca lainnya ?? mohon pencerahannya soalnya bsok saya mau tes saya ngebayangin seandainya saya lolos 7 test tersevut n tiba2 ditengah program saya di eliminasi bearti saya sisa2 dunk n harus nyari krj lagi kalo lgsung di putus dari bca, msh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama 1 tahun ada pendidikan di kelas dan magang. Eliminasinya ada 3x dimana yg pertama itu ujian tertulis 1, kalo di atas 70 lanjut ke tahap selanjutnya. Eliminasi kedua adalah stlh ujian lisan 2 dan eliminasi ketiga adalah ujian lisan 3.
      Kita juga ada post test dimana setelah kita mempelajari suatu materi besoknya kita post test :)
      Kalo kita ke eliminasi maka kita keluar, maka dari itu kita statusnya blm karyawan tetap, setelah lulus pendidikan kita baru jadi karyawan tetap. :)

      Hapus
  111. Kak Hamham yg baek hati, yang selalu menjawab semua keluhan keluhan :p

    apakah magangnya ada sistem target2 penjualan gtu,
    ato itu hnya untuk yang mengambil jurusan AO saja,,,


    penjurusan ke 4 bagian2 itu saat kita magang ato setelah kelar masa pendidikan

    terimakasih


    brrti kakak ni masi pendidikan di BCA SLipi kah? ato sudah magang ??

    kakak ham2 ni BDP angkatan brpa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo AO kalo ngga salah ada target bikin memo berapa gt kalo lg magang.
      Penjurusan ke 4 bagian itu ditentukan sblm pendidikan kok, biasanya stlh dinamika kelompok nanti diminta isi form yg kita suru milih mau masuk BDP yang mana :)

      Iya saya masih pendidikan, saya BDP 16 Operasional, skrg lg magang observasi di cabang... :D

      Hapus
  112. sebenernya untuk score toefl ngaruh gak sih??
    trs selama pendidikan , kita yang dari luar jakarta gak dapet fasilitas tmp tinggal ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Score TOEFL dikumpulin saat kita sign contract, menurutku sih nanti ada pengaruhnya untuk penempatan sih... kalo inggris kita bagus mgkn bisa saja kita ditempatkan di tempat dimana bahasa inggris diperlukan sekali untuk berhubungan dengan nasabah kita. Tapi nanti sejalannya pendidikan kita juga dapet kursus inggris kok... :)

      Selama pendidikan kita hanya dapet uang saku jadi uang saku tsb kita pakai untuk membiayai tempat tinggal kita dan uang makan kita. Uang saku tsb sangat2 cukup dan lebih untuk biaya hidup kita per bulan :)

      Hapus
  113. kak Hamhamichi apa benar kata tmn2, kalau qt sudah sampai di tahap interview HRD persentase qt ikut training itu apa benar?

    kmrn yang ke tahap interview HRD ada 5 org, kira2 yg lolos trainign perlu brp org ya Kak?

    Terima Kasih ..... Saya Didi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Presentase yg diterima atau tidak saya kurang tau, walopun misal kamu 5 org tsb lulus interview kelompok tp klo ngga memenuhi yg BCA inginkan bisa saja kita failed, jadi berdoa aja smoga kita berjodoh sama BCA... :)
      Kan namanya klo smua jodoh 5 org tsb bisa saja lulus smua dan jadi teman 1 angkatan BDP hehehe... :)
      Salam kenal ya... :)

      Hapus
    2. Terima Kasih Kak ..... GBU

      Hapus
  114. Kak sekarang saya telah melewati tahap Inteview HRD dan sekarang menunggu panggilan selanjutnya Interview User. Teman saya sudah ditelepon Interview User terlebih dahulu, apa itu mengindikasikan kalau saya kemungkinan gagal atau memang jadwal nya berbeda dengan seleksi sebelumnya yang terlihat secara kolektif jadwalnya? Kira2 BDP itu traningnya dibuka kapan ya Kak dalam bulan - bulan ini? Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dipanggil dulu belum tentu lulus kok, jadi ngga perlu ada pemikiran apakah anda gagal atau tidak, smua ada peluang untuk gagal dan ada peluang untuk berhasil... makanya saya bilang kalo kita jodoh dengan BCA pasti kita akan ketrima entah menunggu lama maupun cepat :)

      Kira2 BDP sekitar 2 atau 3 mingguan buka kelas baru... :)

      Hapus
  115. kak.. saya mau tanya,,
    kmrn tgl 1 feb saya sudah masuk smpai interview psikolog,, trus katanya disuruh nunggu 2-3 mingguan lagi.

    untuk lokasi tes pertama saya di surabaya,, apakah ntar untuk tes-tes selanjutnya (kalo lolos) masih tetap di surabaya apa harus ke jakarta??

    terima kasih kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dari pengalaman temen saya yg dulu tes di luar kota kayak surabaya dan semarang sih harusnya nanti ampe medical check up tesnya di surabaya :)

      Hapus
  116. kak mau tanya, seandainya ada panggilan interview user lalu kemungkinan hari yang ditentukan saya berhalangan karena ada tugas, apa pihak BCA bersedia menerima alasan halangan kita dan memberikan waktu pengganti? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm... kalo alesan kamu jelas sih harusnya bisa ya, coba aja kamu nego-nego dikit... :D

      Hapus
  117. kak.. semisal saya sudah bekerja, dan saya ada panggilan untuk interview HRD,
    apakah saya harus menjawab iya sudah bekerja, jika ada pertanyaan sprti itu..
    apa sebaiknya kt sedikit berbohong dengan mengatakan kt blm bekerja dimanapun.. atau telah resign..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bilang aja kamu uda kerja dan akan mengajukan resign bulan ini / bulan depan :)
      Nanti klo misal kamu uda ketrima (ampe lulus medical check up) kan kamu bisa menyesuaikan mau masuk kelas yg mana (dgn alesan km lg proses mengajukan resign)

      Hapus
  118. Saya minggu kemarin sampai ke tahap interview psikolog, tapi saya memberikan keterangan sejujur-jujurnya kalo saya sudah bekerja, berpengaruh ke tahap selanjutnya ga ya ka?thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak BDP dulunya berpengalaman kerja kok, malah itu nilai plus juga.. karena itu berarti kamu bisa bekerja dalam tim dan uda pernah merasakan dunia kerja... :)

      Hapus
  119. Prmisi sy ud dipgl lg utk tahap dinamika klompok?
    yg mo sy tanya kan..ketika nanti diskusi kelmpok,,
    org yg mengemukakan ide hny satu org
    disana nanti org itu
    menjabarkan "hny satu" ide kesepakatan dr diskusi klmpok
    ato satu org itu menjabarkan smua ide tiap2 anggota?
    brp lm wkt utk presentasi dpn penguji nya?
    lgsg prsentasi lisan ato diperlukan alat pembantu
    seperti power point ato office?
    nilai yg lbh baik fokus pada yang bicara ato bgmn sistem nilai nya?
    yg jadi pendengar nanti hanya diam ato ditanya2 lagi
    setelah psentasi?
    tq b4,, hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. dirimu psikotes BCA yang tanggal berapakah?februari inikah?dipanggilnya selang berapa minggu?hehe nimbrung

      Hapus
    2. Halo... kalo pengalamanku sih gini... setelah dikasih topik ntar satu orang menjadi moderator, nanti masing-masing peserta menyampaikan pemikirannya. Nah setelah itu dari seluruh peserta disuru mencari satu juru bicara. Nanti juru bicara akan menyampaikan hasilnya kepada penilai dan peserta yg lain diam aja mendengarkan kecuali peserta tsb diminta berbicara.
      Menyampaikan secara lisan, gk pake komputer... :)
      Penilaian menurut saya adalah yg jawabannya baik, kalo berbeda pendapat tidak ngotot mempertahankan pendapat masing-masing, dan bisa menerima dengan lapang dada serta mendukung jawaban yang disetujui oleh peserta-peserta yang lain. Untuk sistem penilaian saya tidak tahu karena saya tidak sempat menanyakan hal tsb :)
      Sukses ya... :)

      Hapus
    3. TQ kk..kmrn dinyatakan lulus dinamika klompok..
      tulisan nya sangat membantu,,dan kira2 hampir sama
      gambaran nya seperti yang dijelaskan diatas..
      kl sy tgkap dinamika kelompok hrs menerima pendapat
      dari smua anggota kelompok..jgn terlalu mendominasi
      dengan mendompleng kreatifitas jawaban org lain..
      jd jawaban yg bagus adalah pemikiran original sndiri..
      skrg lg menunggu hsl dr wwcra hrd..
      ak sm pilihan prtma operasional kedua marktg AO
      misi kk mo tny lg..??
      kls oprsional & AO ktka traning digabung/psh?
      kmrn ada ditny ga mgapa mmilih oprsional dr pd AO?
      soal ny sy mnjwb sy mse binggung memutuskan kedua plhan itu
      >,< dan mlihat oprasional jenjang ny bs tinggi
      dan stabil terprosedur serta ada krj sm dlm tim ny..
      adakah penjelasan lbh rinci ttg opstional sikap ny gmn?
      tq b4 aftr :)

      Hapus
    4. sy mskin lmrn pertngahan nov'11
      dipgl psikotes 26 jan'12
      ikut psikotes 31 jan'12
      dpgl dnmka klmpk 08 feb'12
      ikut dnmka klmpk 14 feb'12

      jd dpgl dr msk lmrn mpe ikt pskotes lama krg lbh 2bln
      ketika abs ikt pskotes 1 mgu dipgl buat dnmka klmpk..

      Hapus
    5. Halo Exdevil89... makasih uda mau sharing perjalanan seleksinya disini... :)
      Menjawab pertanyaan kamu, untuk 2 bulan pertama kelas OPS dan AO digabung, nanti setelah pada OJT(magang) baru deh dipisah :)
      Dulu kalo ngga salah saya pernah ditanya kenapa saya memilih OPS? Dan jawaban saya kalo ngga salah sih karena saya dulu pernah bekerja sambilan selagi kuliah di bagian operasional dan di operasional banyak sekali ilmu dari yg umum ampe detail yg bisa dipelajari... :) *nanti sih biasanya HRD akan mempunyai penilaian sendiri sebenarnya kita cocoknya dimana, HRD ngliat dari wawancara dan dari hasil tes2 kita :)*

      Nah kalo di OPS itu peluang untuk belajar leadership itu ada karena nanti kita lulus akan menjadi kepala bagian/head dari teller/customer service/back office.
      Kalo menurut saya yg dipelajari itu : adaptasi, berpikir mencari solusi, belajar untuk detail, cara berbicara yang baik, memimpin tim yg baik, memotivasi tim agar kinerjanya bagus, menjaga dan mengeratkan kekompakan tim, dan belajar bagaimana menjadi atasan dan bawahan yg baik karena kita nantinya akan ada atasan kita :)

      Jadi pilihannya tergantung kamu ni jawabannya gimana... :)

      Hapus
  120. slmat pagi kak,..
    saya memasukkan lmran BDP di job fair tgl 2 feb,kmrin lusa dipnggil untuk inteviuw dan psikotest,..
    stlah nympek sna hya psiko aja krna djob fair udah dinterviuw sblum ngumpulin lmran.
    saya dsruh nunggu 2-3 minggu d hub oleh BCA bt psikotes lagi,..
    ternyta ynk interviuw n psiko kmrin bkan dr BCA,apakah ini berarti sya msih pada thap pre test seleksi BCA??
    terus lho interviuw user n HRD tuch pkek bhsa indo to inggris,soalnya inggris sya belepotan lho ngomong.
    mksh sblumny kak,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah klo dr job expo saya kurang tau, tp tampaknya itu seleksi dari pihak ketiganya dulu karena pasti yg nglamar banyak makanya disaring ampe dapet yg berkualitas baru deh di psikotest lagi... :)

      Interview HRD kmrn sih saya pake bhs indonesia :)

      Hapus
    2. gan pas psikotes... yg soal2 hitungan kita boleh pake kalkulator nggak ya?

      Hapus
    3. hadeh-hadeh... ok deh thanks gan :)

      Hapus
  121. kak Hamhamichi, mau tanya, saya pernah ikut seleksi bdp bca setahun yg lalu, apakah diperbolehkan mengikuti seleksi lagi d tahun ini?
    tksh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ngga salah denger kita kudu nunggu 2 tahun baru bisa apply lagi... :)

      Hapus
  122. Jika ada waktu silahkan berkunjung ke link di bawah ini ya semua... :)

    http://www.kaskus.us/showthread.php?p=635584020#post635584020

    http://www.kaskus.us/showthread.php?p=635583439#post635583439

    BalasHapus
  123. Kak interview user menggunakan bahasa Inggris? Kemarin ditanya apa saja ya kak wkt Interview User? Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemaren saya pake bahasa indonesia kok.
      Pertanyaannya berbeda-beda dong, saya kan operasional. Misalkan kalo kamu BDP AO juga pasti pertanyaannya berbeda.
      Saya kmrn lebih banyak ngobrol sama yg mewawancara saya... :)

      Hapus
  124. Besok aku tes BDP BCA di UKDW yogyakarta. Makasih banget buat tulisannya yaa.. ^^. Wish me luck

    BalasHapus
  125. maaf mau nanya. hari ini saya akan mengikuti medical check up. apakah mata minus akan mempengaruhi kelolosan tes atau hanya formalitas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kliatannya mata minus tidak mempengaruhi sekali kok karena itu masih tergolong ringan :)

      Hapus
  126. Slamat Pagi Gan Hamhamichi. . .

    Maaf Gan hendak bertanya :
    1. Gan september lalu saya sudah mengikuti rngkaian test BDP d Surabaya dan pada awal Desember lalu saya sudah sampai pada tahap dinamika kelompok dan interview 1. dan ibu yang menginterview saya bilang tunggu kabar dari kami tapi sampai sekarang (pertengahan bulan Febuari) saya masih belum kabar dari BDP tentang LOLOS atau GAGAL, toatal uda 2 bulan nunggu kabar, emang lama gniya Gan...?

    2. klo pengen tahu pengumuman2 tentang rekan2 yg lolos tu dmn ya gan, di publikasikan ato privasi perpersonya ya gan...?

    3. yang perlu di persiapkan untuk test interview 2 ma medicaldheckup apa ja Gan...?

    4. pertanyaan privasi boleh d jawab boleh tidak, gan uang saku saat pendidikan kira2 berapa ya...?
    mohon infonya ya gan, terima kasih sebelumnya
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Aditya...
      1. Tiap orang bisa lama bisa beda, sabar menanti aja :)

      2. Diberitahukan ke peserta masing-masing bisa via email/sms/telepon

      3. Wawasan, pembawaan dan cara menjawab kalo interview dan kalo medical check up tentunya fisik kamu jangan ampe sakit sewaktu tes :)

      4. Nanti uang saku saya beritahu kamu kalau kamu uda sign contract ya karena saya tidak mau mengumbar uang gaji, yang pasti uang sakunya sangat-sangat cukup untuk biaya hidup sebulan dan kos kalo misalkan kamu dateng dari daerah. Silahkan coba diestimasi sendiri ya hehehe... :)

      Hapus
  127. Gan...setelah nunggu 3 bulanan, ane kepanggil buat interview user. padahal ane udah sign di perusahaan laen, meski mulainya baru april sih.. *Galau total :P hahaha.. tp ternyata ane dipanggil buat operasional, meski pas daftar bukan ini sih. kira2 pertanyaan yg diajuin apa ya gan? kemungkinan lulusnya gimana? soalnya yg ane perhatiin, dari psikotest sampe fgd, pasti dilolosin separonya doang untuk ke tahap selanjutnya. nah apa yg di thp interview user ini kaya gitu jg?
    Thanks gan kalo berkenan menjawab....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soal kemungkinan lulusnya semua sebenarnya bisa asalkan kita memenuhi kriteria dari BCAnya. Nah untuk penilaian kriteria tsb yg saya masih belum tau gimana... :)
      Kalo uda sign di perusahaan laen ya jalanin aja dulu karena itu uda pasti kan sedangkan kalo kamu di interview user kan masih ada kemungkinan untuk gagal. Kecuali kamu memang uda memantapkan hati untuk mencoba BCA dan siap menanggung konsekuensinya jika nanti memang kalo ngga berjodoh sama BCA sekarang (gagal di interview user).

      Kalo saya dulu dari psikotest ampe masuk kelas BDP ngga ada temen satu pun dari saat saya menjalani psikotest maupun dinamika kelompok.

      Hapus
    2. iya gan..(calon) kerjaan ane yg bulan april sih tetep dipegang. tapi mumpung masi agak lamaan, iseng deh nerusin BCA ini. hehehe...
      tanya lagi deh gan, karir lewat BDP ini sampe sejauh apa sih? yg gue baca-baca misalkan lewat BDP Operasional, bakal (kemungkinan) dialihin buat jadi Kabag, nah selanjutnya gimana?? kita diposisi itu terus tapi mungkin location nya yg dipindah apa gimana? CMIIW... :)
      Thanks (lagi) gan....

      Hapus
    3. Oh gt... ya uda coba aja kalo gt... :)
      Jenjang karir di BCA itu ada kok... eselon nya bisa ampe eselon 1, kalo kabag itu eselon 6.
      Tiap eselon mempengaruhi level jabatannya. Jabatan dari kabag bisa menjadi kepala layanan/kepala bidang operasional/kepala cabang pembantu/kepala operasional cabang/kepala cabang utama dimana posisinya tergantung dari eselonnya :)
      Masalah jabatan nanti aja kamu mikirnya, yang penting gimana kamu bisa lolos dulu aja hehehe... :)

      Hapus
  128. Selamat sore kak

    Kak mau minta solusi nih
    Kan begini, saya ikut test&interview psikotest awalnya di Surabaya. lalu saya menunggu kira2 sampai 3 bulan blm dipanggil, ternyata saya seharusnya sudah dapat panggilan tetapi karena kesalahan teknis di HP saya sehingga saya hampir saja gagal ke test berikutnya

    Untung saja Ibu Dede tlp saya disebabkan saya apply BDP lg sehingga awalnya saya dilarang ikut psikotest lagi&saya ceritakan problem saya dimana saya belum dapat konfirmasi sms sehingga sehabis di cek, saya ditelepon lg&diijinkan test dinamika kelompok&interview HRD di Malang

    Lalu Puji Tuhan saya sampai tahap interview HRD. Yg lolos ada 5 orang saja. Lalu wkt saya tanya kira2 seleksi saya selanjutnya dilaksanakan dimana, kemkgnan bisa di Surabaya, Malang atau Jakarta

    Nah, dari 5 orang itu sudah 2 orang yg dapat panggilan interview User dan 2 orang yang di email tdk bisa dilanjutkan. Sedangkan saya saja yang masih menggantung, saya takut kesalahan teknis lagi yang menyebabkan saya tidak bisa dihubungi karena sudah saya cek email tiap saat memang tdk ada email konfirmasi pemberhentian seleksi dari BCA.

    Kira2 apa yang harus saya lakukan kak? Kalau menunggu saya takut terlambat masuk kelas gelombang berikutnya dan kalau saya bertanya saya ke siapa ya Kak? Mohon bantuannya, kira2 normalnya jarak dari dinamika kelompok ke interview User brp lama?
    Terima Kasih. GBU

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Ferdy... sebenarnya apa yang kamu alamin itu banyak juga dialamin sama temen2 yg laen dan saya dulu. Kalau saya dulu sih tetep sabar menanti karena saya masih belum dapet konfirmasi. Makanya kamu apalin nomer yg biasa telepon kamu saat menjalani seleksi karena biasanya itu nomor yg dipake BCA untuk menghubungi peserta :)
      Kalo misalkan kita failed pasti nanti dikabarin kok :)

      Kalo kamu mau tanya bisa ke mbak Dede kok karena dia yg ngurusin program seleksi BDP :)
      Telat masuk gelombang berikutnya kan masih ada gelombang berikutnya, jika kamu memang jodoh pasti kamu bakal masuk kelas kok :)

      Jarak normal saya ngga bisa bilang yang mana karena tiap orang berbeda-beda, ada yg 1 minggu, ada yg 2 minggu, ada yg 1 bulan, ada juga yg 3 bulan... jadi kamu bersabar aja ya nunggu :)

      Hapus
    2. Baik Kak terima kasih. Lalu mau bertanya lagi, kalau gelombang itu dibuka, semua bidang jadi 1 atau gelombang lebih ke spesifikasi bidang, misal : AO khusus AO saja?

      Hapus
    3. Biasanya 1 gelombang dicampur kok... ada juga yg 1 gelombang sama smua misalkan 1 gelombang AO smua tp itu bbrp angkatan aja... :)

      Hapus
  129. Ko Hamham ane kn hari kamis kmaren int.hrd trus lolos ke int.user nah pada tahap tunggu ke int.user ini ane dapet telp dari BCA tp pas bgt ane Lg di jalan, alhasil gak ane angkat. nah pertanyaan ane kira2 klo ky gtu apakah ane dianggap gugur dan digantikan oleh kandidat lain utk int.user ato gmn ya? soalnya skrg kn sabtu dan ane di telpon jumat sore jam 18.05 T_T... (Tmn ane jg ditelpn pd waktu yg kurang lebih sama dan dia dapet int.user hr selasa depan) #Mohon Pencerahannya yah Koh^^
    Terima Kasih.

    BalasHapus